Keunggulan dan kelemahan sistem informasi

Melibatkan penentuan sumber-sumber untuk merekrut orang kebutuhan jangka pendek dan jangka panjangkebutuhan penempatan pegawai dari dalam dan dari luar organisasi biaya untuk penempatan pegawaiseleksi sebelum pengangkatan, wawancara dan pengujian teknik-teknik, bakat, seleksi pengujian ketrampilan dan kejiwaandan sistem penyimpanan data pegawai.

Sistem informasi seyogyanya mendukung strategi bisnis organisasi, proses bisnis, struktur dan budaya organisasi dalam meningkatkan nilai bisnis dari organisasi khususnya dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Kelemahan Sistem Informasi Manajemen Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah angka pengangguran.

Persoalan ini kelihatannya sederhana, tetapi terkadang bisa menyulitkan pihak manajer dalarn mengawasi arus informasi yang terdapat dalam organisasi yang dipimpinnya.

Data spasial dapat disajikan dengan akurasi tinggi Keunggulan dan kelemahan sistem informasi dengan prediksi dan analisa yang handal. Tujuan dari sistem informasi eksekutif berbasis komputer adalah menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk informasi selektif tentang faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen atas.

Salah satu masalah outsourcing adalah kebocoran informasi. Atau dapat juga dikatakan, sebuah program komputer yang menggunakan pengetahuan dan teknik inferensi pengambilan kesimpulan untuk memecahkan persoalan seperti yang dilakukan oleh seorang pakar.

Sedangkan alasan-alasan nomor 6 sampai nomer 10 lebih bersifat taktis atau yang mempengaruhi operasi dan bisnis perusahaan sehari-hari.

Ketika menggunakan outsourcing maka secara tidak langsung perusahaan harus bersiap dengan kemungkinan pengendalian sistem yang dialihkan serta pemilihan vendor outsource yang mempunyai kapabilitas dan kompetensi yang memadai. Hal-hal yang tradisional menjadi di tinggalkan karena kemajuan sistem informasi dan kemajuan zaman.

Dalam keadaan darurat, respon dari kontraktor mungkin tidak secepat dari departemen atau tim internal yang tersedia di perusahaan. Tetapi kalau sudah mencangkup area lebih luas lagi, maka perlu memanfaatkan sistem outsourcing.

Ini memuat administrasi pengupahan atau penggajian, serta evaluasi kerja dan rencana pengupahan komisi penjualan, dan bonus insentif manajemen. Hal ini melibatkan process control systems PCS yang keputusannya mengatur proses produksi fisik yang secara otomatis dibuat oleh komputer.

Sistem informasi ini memungkinkan perusahaan untuk membuat basis informasi strategis yang dapat menyediakan informasi untuk mendukung strategi bersaing perusahaan.

Data yang terintegrasi dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Komputer telah menambahkan sebuah teknologi baru dan ampuh pada sistem informasi. Pemilihan yang tidak tepat dapat menyebabkan investasi sistem inovasi yang telah dilakukan menjadi tidak terpakai atau sia-sia.

Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost leadership. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users.

Sistem Informasi untuk Keuntungan Strategis Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Jadi sudah sewajarnya teknologi informasi digunakan oleh banyak pihak [1].

Akuntansi memelihara catatan yang tepat dari berbagai aset dan dengan demikian memungkinkan manajemen untuk melakukan kontrol secara tepat.

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN OUTSOURCING DALAM SISTEM INFORMASI

Perusahaan dapat membandingkan keuntungan dan kerugian dari pihak atau pelaku pengembangan sistem informasi tersebut. Outsourcing dalam regulasi ketenagakerjaan bisa hanya mencakup tenaga kerja pada proses pendukung atau secara praktek semua lini kerja bisa dialihkan sebagai unit outsourcing.

Dalam sistem informasi juga ada input, model, proses, output, penyimpanan dan kontrol sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk merencanakan, mengolah, mengendalikan serta meracik data dalam suatu organisasi untuk menentukan keberhasilan tertentu. Ini berhubungan dengan pemberian lingkungan kerja yang aman dan sehat, melalui pembentukan program-program pencegahan kecelakaan analisis penyebab kecelakaanadministrasi kompensasi pekerja, penilaian fisik sebelum pengangkatan, dan program-program kesehatan pegawai lainnya asuransi kesehatan.

Informasi juga biasanya menyampaikan sesuatu yang baru dan belum diketahui oleh pengguna. Selalu harus update data waktu ke waktu yang memakan memori sebuah hardware.

sistem informasi

Adapun peranan-peranan utama sistem informasi manajemen adalah sebagai berikut: Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis.

Hal ini penting untuk menekan kelemahan atau kerugian dari pemanfaatan sistem outsourcing. Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut barriers to entry dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar.

Data tersimpan lebih aman, karena dapat dikunci dengan kode. Perusahaan dengan sistem informasi yang didukung dengan teknologi informasi TI yang baik dan memadai akan memiliki nilai lebih dari pesaingnya.

Menyediakan informasi untuk pemilihan umum. Orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya dilatih secara khusus dalam penggunaan sistem informasi.

Mulai dari pendidikan hingga bisnis di perusahaan.Kelebihan dan Kelemahan GIS (Sistem Informasi Geografis) GIS adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk memberikan data informasi berupa visualisasi. Pengembangan aplikasi atau program sistem informasi geografis ini semakin hari terus berkembang pesat.

1. Meningkatkan efisiensi operasional Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya (low-cost leadership).

Kelebihan dan Kelemahan GIS (Sistem Informasi Geografis)

Sebuah sistem informasi adalah sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen-komponen manual dan komponen-komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, menyimpan data, memproses data, dan menghasilkan informasi.

Sistem informasi manajemen atau SIM (management information system) adalah sistem informasi yang dirancang untuk menyediakan informasi akurat, tepat waktu, dan relevan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan oleh para manajer.

Dalam sistem informasi juga ada input, model, proses, output, penyimpanan dan kontrol sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk merencanakan, mengolah, mengendalikan serta meracik data dalam suatu organisasi untuk menentukan keberhasilan tertentu. Kelebihan dan Kelemahan SIG/GIS (Sistem Infromasi Geografi) SISTEM INFORMASI GEOGRAFI A.

KEUNGGULAN SIG 1. Data spasial dan nonspasial dapat dikelola secara bersama. 2. Data yang sulit ditampilkan secara manual, dapat diperbesar bahkan dapat ditampilkan dengan gambar tiga dimensi (3D). 3. Data dapat diubah secara cepat dan tepat oleh komputer.

Download
Keunggulan dan kelemahan sistem informasi
Rated 4/5 based on 40 review
(c)2018